Kangkung Cah Gebleg (Eh, Cah jamur)

Saturday, April 11, 2009 JS Hanniffy 37 Comments

JengSri cuma mau bilang sama sahabat bloggers nih, bahwa beruntunglah kalian bisa makan kangkung sepuas2nya sampe mabok di Indonesia. Jaman JengSri masih di Indonesia, kalau emak masak kangkung JengSri suka komplain: "aahhhh Emaakkk, kangkung muluuuu!!! Kapan makan rendangnya nih!!" Di bales deh sama Emak: "Dah untung bisa makan kangkung lu, dari pada emak kasih makan rumput!, mau?!!" Ternyata Emak bener juga. Susah payah JengSri nyari yang namanya kankung di Dublin, saking kangennya sama kangkung sampe JengSri nangis2 sama emak minta kirimin kankung. Beneran!!! Bayangin aja untuk dapet kankung JengSri harus nunggu ampe berhari2 di ekspor dari Jerman! Nggilai tenan!! Mau tau berapa harga kangkung disini? Seiket kecil 4,50 Euro (sekitar RP 56 Ribu). Sakit ati, sakit ati deh kalo mau beli sayur mayurnya asia di West Europe! Mending kita bahas resepnya bikin Kangkung ala Dublin yang nikmat aja deh. Nih bahan2nya:
  • Kankung seiket (seember juga boleh)
  • Jamur putih
  • Bawang bombay
  • Bawang putih
  • Cabai merah/cabai besar Ijo
  • Koyaki saus
Jangan lupa semua bahan dibersihkan lalu dipotong2 sesuai selera. Cara masak:
  • Panaskan minyak goreng kedalam penggorengan.
  • Masukkan bawang bombay,bawang putih, dan cabai. Goreng sampai semua sedikit layu.
  • Masukkan kankung. Aduk hingga beberapa menit. Lalu masukkan Koyaki Saus.
Ingat ya, akan lebih nikmat kalau memasak kangkung gak terlalu mateng. Disamping rasanya jadi gak enak dan vitamin zat besinyapun akan hilang kalau terlalu mateng. Gampang kan? DBLN, 00.25-110409

37 comments:

  1. (doh) iu baru kangkungg coba kalo masaknya oseng2 enceng gondok?? *gondok kah???* BWAKAKAKAKKAKAK!!! *emang ada oseng2 enceng gondok??* *stresss tiadatara*

    ReplyDelete
  2. Ah kangkung....., sedap nian. Kangkung itu kalo masaknya enak, ky masakan Jeng Sri ini, pasti maknyus. Dijamin seudah makan dgn menu ini setelahnya lgsung ngantuk (pengalaman sy lho). Jd kl tmn2 ada yg insomania, susah tidur, gampang, makan aja sm sayur kangkung. Makasih resepnya jeng. jadi pengen bikin, merenung sambil makan kangkung, kayanya enak ya.

    ReplyDelete
  3. mampir & salam kenal mba pagi2 (waktu Indo) xixixi. beneran ya kalo sayuran2 murah Indonesia tuh mahal di luar negri? Mereka ga suka ama sayur2 murah Indo kali ya jadinya ga nanem disana?

    waduh? form komen dikau ga available untuk nama/url ya? ya sud, sayah pake open ID ajah. susah loh mba untuk yang pengen komen pake wordpress

    ReplyDelete
  4. mauuuu dong.........
    lumayan buat menu makan siang nih...
    seporsi berapa ya??? hahahaha

    ReplyDelete
  5. kalau disini jeng, kangkung 56 ribu bisa dapet 1 truk. ia,.... dibelakang rumah juga bunyak tuh. entar saya ekspor ke Dublin yah.

    ReplyDelete
  6. yummy...
    mahal amat yak kankungnya...duit segitu di sini udah bisa untuk makan macem2 tuhhh!!!

    ReplyDelete
  7. Jeng.. asal jeng tau ya.. sayur itu sangat baik dalam menjaga pencernaaan dan kesehatan. yang ijo ijo deh pokoknya.. asal jangan wasabi!

    Mending kita bahas resepnya bikin Kangkung ala Dublin yang nikmat aja deh.

    Nih bahan2nya:

    * Kankung seiket (seember juga boleh)
    * Jamur putih
    * Bawang bombay
    * Bawang putih
    * Cabai merah/cabai besar Ijo
    * Koyaki saus
    bukannya ini emang resep masak oseng kangkung??!!! cuma bedanya masaknya di dublin ajaa!

    satu lagi,, kalo saya jarang banget makan kangkung pagi2, bahaya soalnya.. bahaya ngantuk ehuehueheu.. jadinya keseringan makan daun singkong.. 56rebu seiket???? plis donk aH!! bisa miskin sekejap aku kalo di sana..

    ReplyDelete
  8. Cah Kangkung nih, ditumis pakai jamur, wah jadi lapar nih apalagi belum sarapan pagi

    ReplyDelete
  9. Wah mbak..Jadi ngiler nih melihatnya.Saya penggemar berat cah..

    ReplyDelete
  10. coba PLECING KANGKUNG dari LOMBOK enak tenan lho jeng
    suer

    ReplyDelete
  11. hehehe... di rumah kangkung rutin buat makan kelinci :))

    ReplyDelete
  12. Makanya jenggggg.....besok kalo mudik trus balik lagi ke dublin bawa oleh olehnya kangkung aja...
    Udah meriah meriah...di europe jarang pula kan?

    ReplyDelete
  13. kalo makan kangkung cah gebleg ntar gebleg beneran donk

    ReplyDelete
  14. Waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.... laper...
    tapi aku gag naksir ma kangkungnya... Joo naksir ma Jamurnya.. *iler lansung nyemrot gag netes lagi..*
    ck..ck..ck... mahal amat ya Jeng.. buehhh.... kalo makan yang lama lho dikunyah ampe 5 menit baru ditelen kan jarang² tuh kwowkwowkwowk...

    ReplyDelete
  15. Itu emang beneran kangkng cah jamur jeng?bukannya jamur cah kangkung.hehe..secara banaykan jamurnya.aduuh..mulai hari ini harus sering2 masak kangkung..

    ReplyDelete
  16. hadoh! jadi laper aku liyat kangkungnya!

    ReplyDelete
  17. wih..mbak Jeng...pinter masak juga nih...hmmm..kapan2 boleh nyicipin gk...?

    ReplyDelete
  18. salam..

    menu yang sangat best ni..:)

    ReplyDelete
  19. Slrruuuup ngeces nich...
    Di Atlanta aku blom pernah makan kangkung jeng, mahal!!

    ReplyDelete
  20. Kasihan amat Jeng sampe ngidam sama kangkung.... (Untung ndak sampai ngiler...)
    Kebales tu sekarang susah nyarinya...

    ReplyDelete
  21. Lumayan tampilannnya mbak...enak kliatannya..tapi daun kangkung nya mana hik hik hik..kok tangkai semua he he he he...becanda mbak

    ReplyDelete
  22. Wah bagus juga dicoba resepnya jeng...kasi tau istri dulu ah..

    ReplyDelete
  23. nyam nyam...luapeeeer jeng..

    ReplyDelete
  24. waduuuuh ad award to..siaaaaplah makaciiiiih

    ReplyDelete
  25. jeng posting lagi donk tentang makanan2 gitu.. biar kenyang dulu pas lagi blogging2.. ciakakkkakkak

    ReplyDelete
  26. wah jeng sri oseng kangkung ala dublin uenaakk tenan... udah ta' cobain pake jamur merang..
    salam dr jakarta

    ReplyDelete
  27. kupikir2, ternyata aku lagi laperrrr
    ada nasi timbel jeng di dbln?

    ReplyDelete
  28. salam..JengSri,

    tq selalu singgah di anaklaut

    ReplyDelete
  29. Lagi mantengin Gambar Kangkungnya sampe ngiler. Tau-tau jeger ada Musik Latarnya. Kelupaan abis nyetel Knocking on Heaven door-nya GNR, jadi kaget.

    ReplyDelete
  30. so lucky. saya makan kangkung hampir tiap hari. hehe.. :D

    ReplyDelete
  31. di daerhku namanya kangkung cha'... rasanya memang.. mmmhhh.. jadi lapar nih.. :-)

    ReplyDelete
  32. bangun.... bangun.... woiiii jeng sri
    beda waktu ya

    ReplyDelete
  33. jeng....... buat resep pasta gitu.. sama gambar2nya plis... yang gede gambarnya...

    ReplyDelete
  34. emang di dublin ada kangkung ya?rasanya gmn sama ga?hehe.....

    i hate kangkung..kangkung itu pahit...bikin ngantuuuuukkk..hehe.

    ReplyDelete
  35. wah, pasti mak nyusss...

    ReplyDelete

Nice saying shows your character but that doesn't mean you can criticize. You can still do both in nice and polite way.

Blogger since 2008, writing with a fresh perspective.

Twitter Feeds