Jadi Blogger Matre, Boleh Ya?

Tuesday, October 14, 2014 JS Hanniffy 4 Comments

Boleh dong. Masa gak boleh. Mbah Googlepun gak ngelarang kita untuk mencari duit didunia perbloggingan, asal ya itu tetap ada aturan mainnya yang harus diikuti.

Akhirnya, dibahas juga soal blogger matre diblog ini.

Gambar table dibawah ini salah satu contoh bayaran dolar reviewnya blog JengSri.com.





Image blogger matre ini sering terngiang-ngiang ditelinga sampai sekarang. Beberapa blogger mengikuti langkah si blogger matre, lainnya berkomentar gak sedikit seperti ini:

"Ah, dia mah blogging cuma buat cari duit" atau "Blogger matre tuh, dolar mulu yang dicari", de el el.

Kira-kira begitu ya. 

Table payment untuk JengSri.com



Tergantung bagaimana si blogger menyikapi respon seperti itu, saya pribadi gak terlalu merisaukannya. Saya lebih fokus kepada yang namanya developing my blog untuk menjadi lebih bermanfaat buat diri sendiri, syukur kalau bisa buat orang lain.

Menjadi blogger matre adalah sebuah kecelakaan buat saya, tapi kecelakaan yang menyenangkan. Pasalnya, blog ini dibuat untuk ajang mempertajam keahlian dalam menulis bahasa Inggris, lalu saya mulai memposting hal-hal yang saya sukai, seperti tentang Psikologi dan travel.

Waktu ada job review muncul didunia perbloggingan tahun 2009, sayapun mulai mencoba memberanikan diri me-review dengan bayaran dolar. Memang gak banyak, tapi lumayanlah. Nulis ya juga bisa sambil merem, hehe.

Namanya juga baru belajar dunia review, sekitar sepuluh tulisan review pertama saya ternyata gak dibayar dalam jumlah yang lumayan, sekitar $175. Saya hadapi kecurangan ini dengan menulis review tentang si advertiser tersebut dan menghapus seluruh tulisan review tanpa bayaran itu diblog saya.

Nah, dari pengalaman itulah saya jadi tau dunia job review yang memiliki kualitas dan tidaknya. 

Job review dengan akun pendaftaran gratisan ini tentunya pekerjaan sambilan yang gak bisa ditolak, apalagi pekerjaan ini biasanya memberikan waktu satu minggu sampai sepuluh hari. Dan, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

Sekarang ini saya hanya mengambil tiga advertisers untuk job review, itu pun saya selektif memilih yang mau direview. Minimum, harus sesuai dengan isi blog. 

So, mau blogging sambil nyari dolar? Boleh dicoba sambil nge-review, tapi jangan sampe kecanduan karna bisa jadi matre seperti saya, hehe.

Jkt, 18.16-141014






4 comments:

  1. Menurutku gak ada salahnya jeng, saya juga lumayan sering mendapat tawaran job review tp bayarannya rupiah. Dan pointnya bukan rupiahnya...saya suka menulis, tanpa di bayarpun saya menulis. Nah, kalau dibayar anggap saja itu bonusnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih udah di reply kok ngilang, huaaa.
      Setujuh sekali saya. Menulis yang terpenting, dolarnya bonus :D

      Delete
  2. Dulu pernah ngeriview. Skrng udah nda pernah. Hahshahaaaa

    ReplyDelete

Nice saying shows your character but that doesn't mean you can criticize. You can still do both in nice and polite way.

Blogger since 2008, writing with a fresh perspective.

Twitter Feeds