Kesehatan, Kepedulian dan Kebahagiaan dalam Marathon

Wednesday, October 15, 2014 JS Hanniffy 2 Comments

Support for UNICEF at WMM 2010
Tulisan ini dibuat atas permintaan Mak Haya Aliya Zaki, beliau ini bukan hanya wanita tulen tapi juga blogger yang super duper tulen.

Boleh mampir ke blog beliau untuk detailnya kalau mau kenalan lebih dalam (sumur kali). Anyway, Mak Haya yang rajin membaca dan ngeblog ini penasaran tentang marathon diDublin.

Inilah sekelumit kisah kasih marathon diDublin ...

Sebenarnya tulisan tentang marathon sudah sering saya tulis diblog ini setiap tahun. Karena ingin kembali ke memori masa-masa langsing dulu, mengintiplah saya ke photo-photo jadul. Tidak dinyana ternyata komentar Mak Haya membangkitkan gairah untuk menulis kembali ke masa itu.



Salah satu marathon yang terkenal di Irlandia dan UK adalah Women Mini Marathon yang diadakan oleh perusahaan butter terkenal bernama Flora. Marathon ini hanya berjarak 10km dan semua peserta mayoritas perempuan, sementara peserta pria yang ikut berdandan lucu ala perempuan.
Peserta ndonesia dengan kostum batik (2010)
Semangat perempuan yang luarrr biasaaaa!

#Women Mini Marathon 10km ditujukan untuk kegiatan amal dan biasanya setiap peserta yang ikut dalam marathon mewakili masing-masing yayasan. Sebelum marathon biasanya peserta sudah mulai mempromosikan dirinya untuk lari dalam acara Women Mini Marathon 10km, dan mengajak teman dan keluarga untuk menyumbangkan uang ke yayasan yang diwakilkan.

Dari ribuan peserta yang hadir, salah satu yang exist setiap tahunnya adalah saya (catet! hehe). Empat kali berturut-turut mengikuti marathon setiap tahun bukanlah semangat yang mudah untuk dicari, perlu komitmen tinggi untuk mengikutinya, dan saya bangga sekali, terutama dengan teman-teman Indonesiana yang diIrlandia yang telah berpartisipasi menggalang dana dalam banyak kegiatan diIrlandia, teruatama acara marathon ini.

Beberapa yayasan yang pernah diwakilkan oleh saya dan teman Indonesiana lainnya adalah UNICEF, Immigrant Rights, dan Indonesian Irish Association.
Selesai juga marathonnya. Time mejeng sama medalinya!

Dari peserta Indonesia mewakili Unicef Ireland (2009)



Menurut saya kegiatan marathon sambil beramal ini adalah kegiatan yang luar biasa. Semua peserta perlu diajungkan jempol begitupun para sponsornya. Kegiatan ini hampir mencangkup semua kebutuhan dasar yang manusia perlukan: Kesehatan, Kepedulian, dan Kebahagiaan.

Selain menyehatkan berlari dengan jarak 10km, kita juga diingatkan bahwa kelelahan kita memiliki arti bagi orang lain, yaitu dana yang kita kumpulkan adalah bentuk sebuah kepedulian kita terhadap sesama. Adalah sebuah kebahagiaan melihat orang lain bahagia dengan apa yang sudah kita lakukan.

Pada saat saya menulis ini, saya berpikir tentang sesuatu. Sesuatu yang sama disana, andai saja terjadi disini juga, di negeri tanah air ini. Jika saja setiap tahunnya diadakan seperti ini diJakarta, dan jika dana yang terkumpul bisa mencapai triliyunan seperti disana, bisa terbayangkan berapa juta orang tak mampu yang bisa terbantu dengan dana sebanyak itu.

Tapi syukurlah, itu bukan sekedar pikiran saya. Nyatanya ada sekelompok yang memiliki kepedulian tentang kesehatan tetapi juga diiringi dengan kegiatan amal. Berlari Sambil Berbagi adalah salah satunya, sekarang ini saya adalah salah satu member dari BSB, meskipun belum ada bentuk nyata yang saya lakukan namun saya sudah merencanakan untuk kembali lagi kedunia olahraga berlari.

Memang sulit rasanya untuk memulai sesuatu yang sudah lama kita tinggali, tapi ya itu diperlukan motivasi tinggi untuk memulainya lagi. Sama halnya dengan ketika saya mau kembali blogging lagi, butuh sebuah motivasi untuk berpikir: "kenapa saya mau kembali blogging?"

By the way, walaupun tidak banyak orang melakukan hal yang sama disini seperti yang diIrlandia, semoga sebagian orang dengan komitmen dan semangat luar biasa seperti Sandiaga Uno, pengusaha muda sukses Indonesia yang terkenal (beliau sering melakukan marathon sambil fundraising baik didalam negeri maupun luar negeri), semoga saja dapat menginspirasi orang banyak. Semoga, semoga, semoga .... let's pray.

jkt, 14.29-151014






2 comments:

  1. Wah saya suka banget dengan idenya : Kesehatan, Kepedulian dan Kebahagiaan. Emang sebagai manusia rasanya ngga komplit kalau ngga punya tiga hal di atas ya Mbak :)

    Salam kenal, sekaligus mau belajar banyak dari Mbak Sri :)

    ReplyDelete
  2. Mbak Titi cantik,
    Makasih sudah mampir. Salam kenal kembali 😃.
    Mari belajar bersama mbak 😀.

    ReplyDelete

Nice saying shows your character but that doesn't mean you can criticize. You can still do both in nice and polite way.

Blogger since 2008, writing with a fresh perspective.

Twitter Feeds