GENERASI CERDAS UNTUK ALAM YANG LEBIH BAIK

Thursday, October 29, 2015 JS Hanniffy 0 Comments

Jam 5 pagi saya sudah kasak kusuk bangun, siapkan sarapan untuk sisulung dan bapaknya. Kerajinan yang sangat tumben ini terjadi karna saya mau menyiapkan diri keCianjur untuk mengunjungi pabrik Aqua. Well, saya memang wanita yang rajin tapi tidak serajin ini bangun jam 5 pagi dihari wekend, haha. So pasti acaranya seru karna bakalan bareng sama blogger lainnya.
  
keceriaan para bloggers beberapa menit sebelum keberangkatan

Pagi, tepatnya jam 7 kami sudah berkumpul diCitos. Terlihat Mas Sandhi dari ID Blog Network plus seksi sibuknya dari IDBlogNetwork karna beliau itu orang  yang suka kontak-kontak kami (read: blogger). Begitu juga dengan Mbak Tia dan team IDBlogNetwork lainnya sudah tba diCitos mungkin dari subuh, haha.Setelah semua blogger berkumpul kamipun diberangkatkan dengan dua elf menuju Cianjur pabriknya Aqua, itu lho perusahaan Air Minum Dalam Kemasan nomor satu diIndonesia. Wew, seru banget ya kalau ibu-ibu seperti saya ini datang kepabrik Aqua seperti study banding anak sekolahan, hihi. Didalam elf, hampir semua blogger ternyata kembali merajut mimpi-mimpinya yang tadi subuh, sayapun jadi tergoda untuk ambil photo mereka yang lagi terlelap tidur (hihi, maaf ya gaes). Setelah hampir satu setengah jam lebih perjalanan kami akhirnya tiba didepan pabrik Aqua. Panas menyengat sangat terasa begitu kami keluar dari elf, terlihat beberapa rambu-rambu peringatan untuk keamanan  diarea luar  gedung parkir. Area luar pabrik Aqua sangat bersih, tidak terlihat sedikitpun sampah-sampah diarea pabrik.

botol-botol ini nantinya yang akan dikelola dalam Aqua Peduli program
Hmm ... I'm impressed with Aqua, pasalnya Aqua yang sudah dibangun sejak tahun 1973 dan dinduki oleh Danone yang berdiri sejak tahun 1972 ini masih tetap memegang teguh dua komitmen hingga saat ini yaitu memperhatikan sosial dan lingkungan serta pencapaian kinerja ekonomi. Keberhasilan Aqua yang menjadi AMDK nomor satu diIndonesia tidak perlu diragukan lagi karena memang sang perusahaan induknya sudah memiliki empat pilar yang kokoh yang diturunkan kepada Aqua untuk dikembangkan dikehidupan masyarakat. Empat pilar ini adalah: Kesehatan (Health), Lingkungan Hidup (Nature), Manusia (People), Untuk Semua (For All). Menurut saya empat pilar ini keren sekali, gak heran kalau program-program Aquanya juga keren yang diantaranya adalah:
Program Aqua Peduli. Program ini adalah program daur ulang botol plastik Aqua yang nantinya dapat digunakan kembali. Tentunya penggunaan kembali botol Aqua diperhatikan sekali kehigeinisannya. 
Waste Management Program. Program ini dilakukan bersama dengan masyarakat sekitar diCianjur yang dikhususkan untuk mengelola sampah menjadi bermanfaat sebagai pupuk tanaman. 
Tentunya program-program ini bernilai sekali dalam menjaga lingkungan sekitar mengingat bahwa Indonesia sudah terlalu sering memiliki masalah kebersihan lingkungan baik dilingkungan desa apalagi dilingkungan kota seperti Jakarta. Jadi dengan adanya program-program Aqua yang melibatkan masyarakt tentunya bisa mengurangi masalah lingkungan yang tidak bersih. Melihat betapa bersihnya area pabrik Aqua dan lengkapnya rambu-rambu peringatan yang jelas membuat saya terkagum-kagum karena biasanya lingkungan yang bersih itu kalau diJakarta adanya hanya dimall-mall mewah lho. Miris memang melihat keadaan seperti ini, ditambah dengan masalah kepadatan penduduk yang semakin meningkat tentunya masalah ketidak bersihan lingkungan hidup menambah masalah yang lebih besar dipemerintahan khususnya dikehidupan lapisan masyarakat. Ada lho diarea rumah mewah Jakarta yang didepan rumahnya sampahnya itu berserahkan. Phenomena ini memang sering kita lihat dimana-mana bahkan ditempat ibadah saja orang kadang buang sampah sembarangan. 

Kembali kelaptop,

Gak heran kalau usaha Aqua untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan aman diarea pabrik ini bisa membuat Aqua menyabet banyak penghargaan bergengsi diIndonesia selama bertahun-tahun, penghargaan itu diantaranya adalah:

2002: Indonesia Best Brand Award.

2003: Indonesia Customer Satisfaction Award, Indonesia Best Brand Award, Value Creator Award, Charter of Excellence in Primary Education.

2004: Superbrand dan Indonesia Best Brand Award.

2005: Packaging Consumer Branding, Indonesian Best Brand dan Indonesian Golden Brand.

2006: Indonesian Best Brand and Indonesian Golden Brand.

2007: Indonesian Platinum Brand Award.

2009: MDGs Award untuk kategori Pelestarian Lingkungan, Wana Lestari Award dari Kementrian Lingkungan Hidup.

2010: MDGSs Award kategori Pelestarian Lingkungan, Packindo Star Award, Asia Star, Indonesia Green Awards dari Majalah Bisnis dan CSR.

2011:  Gold Award Design Terbaik Indonesia, Indonesia Green Awards, Pentawards, Pakindo Star.

2012: Desain Terbaik Indonesia dari KADIN, Global Initiatvives, Cilmate Business, penghargaandari Bupato Bogor sebagai Investasi Terbaik, Penghargaan Sahabat Pers.

2013: MDG Awards kategori pendidikan  layanan air bersih, dan penyehatan lingkungan.

2014: Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Awards, Indonesia Green Awards, Penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas kontribusi Aqua dalam penanaman satu milyar pohon dan Indonesia CSR Awards untuk 16 program CSR, Charta Peduli Indonesia dari Dompet Dhuafa. (Sumber: http://www.aqua.com/tentang_aqua/penghargaan). 

Dan masih banyak lagi penghargaan yang diterima oleh Aqua yang tak semuanya disebutkan diatas.

Dari diantara semua penghargaan Aqua diatas yang paling patut dikagumi adalah penghargaan ditahun 2014. Aqua memang sangat layak mendapatkannnya karena sumbagsihnya yang sangat bermanfaat untuk masyarakat  Indonesia khususnya masyrakat yang tinggal disekitar area pabrik Aqua. Dan peranan CSR Aqua pada masyarakat Cianjur yang memberikan dampak positif pada ekonomi dikehidupan masyarakat. CSR Aqua menggandeng masyarakat Cianjur dengan kegiatan-kegiatan yang mendidik seperti memanfaatkan sesuatu yang ada disekitar masyarakat seperti sampah untuk dikelola kembali. Melalui kerjasama dengan HIPOCI (Himpunan Petani Organic Cianjur) yaitu komunitas petani lokal Cianjur, Aqua memberikan pengetahuan kepada komunitas ini yang salah satunya adalah tentang pengelolaan sampah yang baik, yang mana sampah ini kemudian akan dijadikan pupuk bubuk atau cair. Yang menarik dari pengelolaan sampah ini adalah ketika Kang Agan, Sekertaris Umum dari HIPOCI menerangkan tentang bagaiman mengelola sampah basah atau organik. Ternyata cara mengelola sampah organik layaknya membuat adonan kue. Diperlukan kelapa dan gula merah lalu cucian air beras untuk mengelola sampah ini. Karena awam, saya sempat menanyakan Kang Agan apakah sampah ini nantinya bisa dimakan, haha. Yah, mungkin saja dimasa depan komunitas HIPOCI ini bisa membuatnya, who knows gitu lho, hehe. Karena menurut penjelasan dari Kang Agan mereka ini sedang membuat penelitian bagaimana cara untuk menanam padi tanpa semprotan kemikal untuk mengusir hama. Wah, hal ini tentunya menarik sekali untuk diikuti perkembangan dan niat baik ini tentunya tidak luput karena dukungan dari Aqua. Training untuk orang-orang diHIPOCI diberikan agar bisa mandiri dengan cara memanfaatkan alam sekitar tanpa harus merusaknya, begitu kata Kang Agan yang ternyata beliau juga aktif ikut serta dalam progam Waste Mangament-nya Aqua. 

Pengelolahan sampah organik oleh HIPOCI Cianjur

Kang Agan berbagi ilmu dengan bloggers tentang pengelolahan sampah
Yang diterapkan oleh Aqua dalam sistem kebersihan dan keamanan didalam lingkungan pabrik memang benar-benar  diimplementasikan dengan baik. Memang sebaiknya sebuah program yang baik harus memiliki high performance didalamnya terlebih dahulu sebelum diimplementasikan keluar kepada masyarakat luas. High performance dari Aqua terbukti dilapangan kerja dari soal keamanan sampai kebersihan. Setiap pengunjung juga harus mengisi lembaran questionare lho sebagai data dan bukti kalau pengunjung tidak memiliki penyakit tertentu yang mungkin memberikan virus diarea pabrik. Bahkan disetiap gedung area pabrik terdapat beberapa hand wash gel untuk membersihkan tangan setiap saat. Itu dari segi kesehatan, untuk keamanan para pekerja yang berada didalam pengemasan Aqua diharuskan memakai helm karena pengemasan area hampir dari delapan puluh persennya dilakukan oleh mesin. Gak heran kalau tulisan "Semua tidak berarti tanpa keselamatan" membentang besar didalam gedung pengemasan. Masalah soal pembuangan limbah juga gak luput dari pertanyaan, yang ternyata menurut Pak Agus dari teamnya Aqua menerangkan bahwa limbah diAqua ini berasal dari pembersihan botol-botol Aqua yang limbahnya tidak mengandung zat berbahaya bagi lingkungan hidup. Pantas saja kalau Aqua bersanding dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk bekersama mengenai program-programnya dalam melestarikan lingkungan hidup seperti perlindungan mata air, pemberian bibit tanaman, konservasi lahan kritis, dan program kampung iklim. Bahkan program-program untuk tahun mendatang BLH sudah menyiapkannya. Dengan program lingkungan hidup ini maka pantaslah Aqua menyabet penghargaan Lingkungan Hidup dari Pemerintah Daerah Jawa Barat.
Berbincang-bincang dengan orang-orang keren dari Aqua dan HIPOCI membuat saya berpikir bahwa untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap nyaman, bersih serta sehat itu bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana yaitu jangan membuang sampah sembarangan. Hal yang sangat simple bukan? Gerakan program dengan nilai luhur ini sudah seharusnya dilaksanakan bukan hanya oleh masyarakat yang tinggal didesa tetapi juga masyarakat kota. Bayangkan jika seluruh masyarakat bisa melakukan ini, tentunya bencana kebanjiran yang terjadi hampir setiap tahun dan tidak sedikit memakan korban tidak terjadi, atau paling tidak mengurangi resiko kebanjiran yang memberikan dampak kesehatan yang buruk.

Jadi simpel, ketika alam dijaga dengan baik oleh manusia maka alam akan memberikan yang terbaik kepada manusia.
Last but not least, apapun yang kita lakukan dalam hidup sangatlah menjadi berarti jika itu menyangkut kemanusiaan dan dilakukan secara jujur dengan niat yang luhur melalui pendekatan yang baik dan semangat untuk memajukan kehidupan sekitar yang lebih baik. Seperti quote Aqua ini, sederhana namun mencangkup segala aspek dari kehidupan manusia: Humanism, Openness, Proximity, Enthusiasm. 

We love Aqua


0 comments:

Nice saying shows your character but that doesn't mean you can criticize. You can still do both in nice and polite way.

Blogger since 2008, writing with a fresh perspective.

Twitter Feeds