PENGALAMAN PAKE SI HITAM ACER LIQUID Z320

Monday, November 02, 2015 JS Hanniffy 0 Comments

Punya hape baru itu memang selalu menyenangkan kadang sampe lupa kalau jari jari sudah sibuk seharian ngutak ngatik. Ketidaksadaran ini terjadi sama saya di Rabu lalu waktu lagi nyobain hape keluaran barunya Acer, yaitu Acer Liquid Z320. Dari mulai jam 11 siang saya masih sibuk bekutet dengan hape baru ini (untungnya sibapak gak komplain, haha).


Pastinya selalu ada yang istimewa dari hape baru dan saya suka sekali membandingkan keistimewaan dari hape lama dengan hape yang baru. Memang setiap produk hape memiliki keistimewaan sendiri tapi untuk saya pribadi keistimewaan hape terletak pada tiga hal, yaitu:
1. Kelancaran pada saat ngeloading
2. Besarnya storage
3. Kamera yang bagus (maklum suka nyelpih, haha).

Lalu, apakah si hitam Acer Liquid Z320 memiliki semua tiga hal yang saya istimewakan itu?

Berikut pengalaman satu hari saya bersama si hitam nan manis Acer (dan setelahnya sisulung mengambil paksa hape ini karena jatuh cinta semua yang terinstal di Acer Liquid Z320).

1. Kelancaran pada loading.
Kalau hape baru lancar itu sudah pasti, kalau lemot namanya hape bekas. Sebelum hape dipake tentunya saya cas terlebih dahulu setelah itu saya lakukan setting. Menyeting hape Acer Liquid Z320 cukup mudah alias gak ribet, sama seperti hape pada umumnya (saya gak perlu menjelaskan rinciannya). Tetapi sebelum saya jauh bercerita soal loadingnya saya mau sharing pengalaman unik pada saat menyeting hape. Pada saat menyeting saya memasukkan email pribadi saya yaitu akun gmail. Saya kurang yakin apakah ini karena settingan emailnya atau yang lainnya tapi yang pasti pada saat selesai menyeting hape, semua aplikasi yang saya miliki dihape lama terinstal secara otomotis secara bertahap di Acer Liquid Z320. Yang pasti saya bersyukur karena saya gak perlu repot lagi mencari aplikasi dan install secara manual di hape yang baru. Sayapun duduk manis menunggu semua instalan aplikasi selesai.
casing Acer Z320 nanpak dari belakang

Ini dia sihitam Acer Liquid Z320 
Well, sebenernya saya gak beneran duduk manis tanpa melakukan apa-apa sih, karena buktinya tangan saya gatal mau mainin hape baru ini sambil proses instal aplikasi berjalan. Setelah semua apkikasi lama terinstal, sayapun langsung mencoba aplikasi pertama, yaitu BCA Mobile. Biasanya saya pake aplikasi ini di gaget yang lain dengan mobile network karena lebih lancar dibandingkan internet dirumah yang lemotnya sangat menguji keimanan saya. Tetapi waktu saya coba di Acer Liquid Z320 dengan internet rumah ternyata sangat lancar. Sayapun berlanjut  keaplikasi berikutnya dan gak ketinggalan juga mencoba kecepatan loadingnya di browser.

Kalau saat itu tidak ada aplikasi lama dan salah satunya adalah aplikasi photo google saya yang menyimpan hampir 4000 lebih photo dan video kemungkinan saya menganggap kecepatan ini hanya dikarenakan hape baru. So, ini memang hape baru tapi semua data lama tersimpan dihape. Kelemotan hape lama saya memang bukan saja terletak pada internet yang lemot tapi karena memang produk hapenya.

Sebagai tambahan informasi Acer Liquid Z320 memiliki RAM 1GB (cukup melancarkan loading dihape) sementara total ROM 8GB. Saya masih belum begitu paham tentang yang menyebabkan kelancaran loading dihape baru ini dengan data hape lama yang  saya miliki. Tapi sepengetahuan saya semakin besar RAMnya semakin baik untuk kelancaran loadingnya. Sementara hape lama saya hanya memiliki RAM dibawah 1GB (mungkin ini sebabnya ya kenapa lemot). Ini juga membuktikan RAM 1GB bagi saya sudah cukup untuk menjawab keperluan saya yang masih terbilang standard-standard saja.

2. Besarnya storage.
Punya storage besar memang enak karena bisa menyimpang banyak data dihape. Apalagi saya yang hobi suka moto (padahal bukan photograper lho). Dihape lama storage ROMnya hanya 3GB, saya jadi bertanya-tanya apakah ROM mempengaruhi loading jadi lemot? Sementara si hitam Acer Liquid Z320 memiliki ROM 8GB. Jujur, ngeliat storage sebesar ini saya jadi pingin memperbanyak photo, haha.

So, total internal storage yang dimiliki oleh Acer Liquid Z320 adalah 8GB yang dapat di-upgrade sampai 32GB dengan menambahkan microSD card di slot yang ada. Dengan kapasitas internal memory 32GB tentu keperluan saya menyimpan foto, video, maupun file dokumn lain bisa lebih leluasa.

3.Kamera yang bagus.
Namanya juga emak blogger ya bawa kamera kemana-mana itu sudah seperti kewajiban apalagi kalau datang ke acara blogger.Nah, dripada bawa kamera segede gaban lebih baik cari hape yang punya kamera dengan hasil photonya yang bagus. Cara ini super praktis karena bisa langsung diupload ke sosmed atau kalau memang kepenuhan di hape bisa langsung dihapus dan biarkan langsung ter-sync di aplikasi photo yang kita pakai. Saya lakukan sync untuk photo di hape ke aplikasi photo google karena kalau photo akan mudah menghapusnya dan pastinya gak perlu khawatir kehilangan photo karena aplikasinya terhubung dengan akun gmail pribadi.

Saya agak sangsi awalnya, bakal menghasilkan photo bagus dengan resolusi kamera 5 Megapixel di Acer Liquid Z320 dan ternyata hasilnya sudah sangat cukup untuk keperluan foto saya sehari-hari, baik untuk eksis di media sosial, maupun jika sedang dokumentasi acara blogger tadi. Setau saua, gak semua kamera dengan megapixels yang tinggi jaminan pula hasilnya bagus lho, kadang ini bisa overkill hasil gambar yang kita ambil.

So, kesimpukan dari pengalaman bersama si hitam Acer Liquid Z320 ternyata sangat memuaskan. Gak ada kejadian ngotot dengan kelemotan atau kepenuhan data. Terlebih lagi, Acer Liquid Z320 dilengkapi juga dengan aplikasi bawaan yaitu Acer Kids Center yang dilengkapi konten edukasi yang pasti positif untuk si buah hati, dan kita bisa mengkonfigurasi aplikasi ini agar aman dipakai si kecil, karena konten yang diakses nantinya bisa kita atur; mana yang boleh dan yang mengkhawatirkan kita sebagai orang tua, bisa kita block.

Ini pengalaman satu hari saya dengan si Acer Liquid Z320, karena hari berikutnya si sulung yang ganteng itu mengambil hape ini. Sisulung memang sudah jatuh cinta dari awal karena bentuk dan warnanya katanya pas banget dengan dirinya: hitam dan manis, haha. Dari awal memang sisulung sudah mepet terus sama mamanya untuk mengincar hape ini.

Bagi yang berminat dengan hape Acer Liquid Z320 ini, kabarnya bisa segara dibeli lewat promo pre-order di www.lazada.co.id mulai 2 – 8 November 2015. Jangan sampe ketinggalan yah :).

0 comments:

Nice saying shows your character but that doesn't mean you can criticize. You can still do both in nice and polite way.

Blogger since 2008, writing with a fresh perspective.

Twitter Feeds