PERPANJANGAN KUNJUNGAN VISA INDONESIA (SOSIAL BUDAYA VISA)

Monday, December 21, 2015 JS Hanniffy 7 Comments

Update blog ah sebelum blog ini lumutan, hehe. Mumpung lagi diimigrasi plus dapet ide sekalian update soal visa kunjungan diIndonesia. 

Dua tahun lalu saya pernah tulis soal visa kunjungan diIndonesia yang judulnya: How To Extend SosBud Visa, dan dua tahun pastinya ada beberapa perubahan dalam beberapa persyaratan aplikasi visanya.

Seperti biasa, perpanjangan visa ini saya lakukan dikantor imigrasi kelas satu Jakarta Selatan yang berlokasi di Jalan Warung Buncit.

Pengalaman saya submit perpanjang kunjungan visa diimigrasi JakartaSelatan ini gak pernah ribet atau bertele-tele, prosedur dan staff imigrasinya santai tetapi straight forward asalkan semua dokumen sudah kita siapkan.

Selalu usahakan berpakaian rapi untuk datang kekantor imigrasi karna ini salah satu syarat yang dipajang didepan pintu masuk kantor imigrasi Jakarta Selatan. 

Gak perlu datang terlalu pagi karena biasanya kalau pagi cukup rame dan antrinya banyak (tergantung season juga).

Untuk perpanjangan kunjungan visa diperlukan sponsor orang Indonesia (suami/istri atau teman WNI) atau bisa juga dilakukan oleh agen visa tetapi biayanya jauh lebih mahal jika menggunakan agen visa.

Persyaratan untuk perpanjangan kunjungan visa yang harus dibawa adalah:
1. Paspor asli applicant
2. Formulir perpanjangan visa
3. Surat permohonan perpanjangan visa
4. Photo copy KTP sponsor
5. Photo copy surat nikah (Jika sponsor istri/suami WNI)
6. Photo copy paspor aplikan
7. Photo copy visa pertam applicant
8. Photo copy kartu keluarga sponsor

Formulir perpanjangan kunjungan visa atau sosbud ini bisa diambil diloket 8 dilantai tiga. Formulirnya gratis, boleh bayar pake terimakasih dan senyum kalau gak keberatan ^_^. 

Jangan lupa minta map merah, kadang dikasih diloket 8 gratis tapi barusan saya disuruh ambil diruang koperasi dan sepertinya ada biayanya (murah kok).

Kalau semua dokumen sudah lengkap silahkan ambil tiket disecurity, jangan lupa bilang kebapak security mau perpanjang kunjungan visa biar pak securitynya gak ngasih loket yang salah.

Kalau gak rame banget nunggunya cuma sebentar kok. Setelah aplikasi disubmit nanti kita disuruh datang dua hari lagi untuk ambil paspor.

Untuk perpanjangan kunjungan visa yang pertama kita datang tiga kali karena siapplicant disuruh photo dulu dikantor imigrasi. Pastikan si applicant datang untuk pengambilan photo. Untuk pengambilan visa sponsor bisa mengambilnya sendiri tanpa harus membawa si applicant.

Perpanjangan kunjungan visa bisa dilakukan empat kali dan setiap 30 hari harus diperpanjang. Biaya untuk perpanjangan kunjungan visa sebesar Rp 350 ribu.

Jangan lupa senyum dan ucapin terimakasih kepegawainya kalau sudah selesai ya karna mereka semua baik banget yang ada dilantai tiga ^_^.

7 comments:

  1. Selamat pagi

    Bu saya ingin tanya mengenai perpanjangan visa sosial budaya.
    Ada teman saya dari Jerman menggunakan visa sosbud ke Bali, 12 oktober lalu, dan visanya akan expired taggal 12 desember nanti dan harus diperpanjang.

    Jika dia submit semua dokumen untuk memperpanjang pada tanggal 5 desember dan jika selesai pada tanggal 26 desember, apa visanya dihitung mulai dari 26 desember?

    Terima kasih atas waktunya Bu.

    Salam hormat,
    Rifka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Rika,
      Iya betul, visa dimulai dari tanggal penerbitannya.
      Untuk lebih jelasnya kamu Bisa tanyakan langsung kepetugas keimigrasian pada saat penyerahan dokumen.

      Delete
  2. Saya juga mau tau info biaya terbaru visa sosbud bu,alx planing saya nikah sama org italia. And brp lama pengurusan sponsor dan visa nya bu. Mohon kirax saya diberi informasi lengkap. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Saya juga mau tau info biaya terbaru visa sosbud bu,alx planing saya nikah sama org italia. And brp lama pengurusan sponsor dan visa nya bu. Mohon kirax saya diberi informasi lengkap. Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Saya juga minta info nya bu biaya terbaru untuk perpanjangan visa sosbud,saya akan menikah dengan org italia semoga ibu bisa membantu dengan informasi lengkap nya. Terima kasih banyak bu

    ReplyDelete
  5. bu mau tanya,, kalau visa untuk sukarelawan biasanya pakai visa apa ya?

    ReplyDelete
  6. hai bu, boleh di share persyaratan untuk visa kunjungan sosial budaya ini?
    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete

Nice saying shows your character but that doesn't mean you can criticize. You can still do both in nice and polite way.

Blogger since 2008, writing with a fresh perspective.

Twitter Feeds