5 JENIS MASAKAN RUMAH SEDERHANA IDAMAN PARA SUAMI

Thursday, February 04, 2016 JS Hanniffy 0 Comments

Pengen disayang suami? Pengen suami betah dirumah? Pengen dikangenin suami setiap saat? Jawabannya cuma satu: rajinlah masak! Gak ekstrem-ekstrem amatkan jawabannya? Gak perlu nyalon bleaching kulit sampe putih banget kayak screen dilaptop saya ini, gak perlu sedot lemak yang katanya sakitnya sampe ketulang itu, apalagi mancungin hidung sama tanam benang cin! Insya Allah, gak perlu itu lah ya. Cukup rapi dan bersih aja suami dah seneng kok. Eh lupa, ditambah rajin masak!

Suami sebenarnya makhluk manusia yang paling sederhana nan simpel. Gak seperti kita para kaum hawa yang hormonnya turun naik gak kenal waktu. Dan akibat hormon yang suka gak seimbang ini alhasil jadi suka bikin para istri mikir bahwa suami gak ngerti kita. Padahal suer tekewerkewer para suami pastinya sudah jungkir balik mencoba mengerti para istri. Tapi itulah hebat dan anehnya ciptaan Tuhan kayak kita ini ya. Walaupun saling mencintai ada suatu waktu dimana dua makhluk dalam ikatan pernikahan saling membenci lalu eh saling mencintai lagi, and so on. Dari argumen soal sepele lah, soal pulang telat lah, dan soal-soal yang lebih rumit dari matematika. Tetapi ternyata dengan kisah romantis pernikahan ala thriller ini banyak juga kok bukti pernikahannya abadi sampai kakek nenek. Itulah pernikahan, seperti novel :). So, jangan putus asa kalau belum dimengerti suami ya, masih ada hari esok untuk saling mengerti :).

Jadi, intinya kembali soal masak.

Masak apa aja biasanya suami suka lho, karena seorang lelaki akan selalu menjadi seorang mom's boy walaupun dia sudah menikah. Ingat kan apa yang ibu kita lakukan pada kita sebelum menikah? Membersihkan rumah, menyiapkan makanan pagi siang malam, menyiapkan segala macam keperluan suami dan keluarga, bahkan kadang dimana ada hari-hari ibu kita bener-bener seperti pembantu saking gak ada waktunya bebenah buat dirinya sendiri. Itulah hebatnya istri yang sekaligus ibu ya. Begitu seorang wanita menikah maka kita bukan saja status menjadi seorang istri tapi juga ibu yang mengurus anak-anak kita plus anak ketemu gede kita alias suami.

Suami saya termasuk lelaki yang gampang dikasih makan. asalkan tidak pedas. Dan dia salah satu makhluk manusia yang paling doyan makan. Karena hobi makannya yang luar biasa tinggi ini semenjak menikah saya mau gak mau bertambah status selain menjadi istri saya juga chef pribadinya dia seumur hidup.

Kembali ke soal masak (lagi). Sabar ya.

Masakan rumah selain lebih sehat tapi juga jauh lebih irit dan saya suka hal-hal yang lebih sehat dan irit tentunya :). Dibawah ini adalah lima jenis masakan yang suami saya suka banget dan gak bosan kalau dihidangkan menu dibawah ini:

1. Nasi goreng
Saya gak habis pikir kenapa suami dan anak saya suka banget nasi goreng. Kemana kami pergi untuk makan kalau judulnya ada nasi goreng mereka selalu berkomentar: "Mom's nasi goreng is much nicer". Wuih, sempet ge-er juga sih waktu mereka komentar gituh ^^. Waktu anak saya masih dikelas 7 dan pertama kalinya dia membawa nasi goreng lalu membaginya dengan dua kawannya dikelas, daan sampe dirumah anak saya berkomentar: "Mom, my friend said your nasi goreng is the most nicest nasi goreng in the world". Saya hanya mikir mungkin anak dua itu belum pernah makan nasi goreng dalam hidupnya ^^.

Cobalah masak nasi goreng. Cara masaknya simpel dan bahannya gampang dimasak. Mudah untuk dieksplorasi dengan bahan apapun. Asal jangan dicampur toge ya karna rasa bahan apapun akan mati jika tercampur toge yang sudah matang dan togenyapun gak ada rasa. Jika mau dicampur dengan toge lebih baik togenya dalam keadaan  mentah dan taruhlah diatas nasi goreng yang sudah disediakan dipiring. Atau, kalau mau lebih jauh bereksplorasi buatlah acar toge dengan cara mencampur dengan timun. Pokoknya jangan takut bereksplorasi. 

Karena saya rajin buat nasi goreng suamipun jadi belajar cara bikin nasi goreng sendiri. Alhasil? Walaupun rasanya kayak perang badhar paling gak dia sudah bisa bikin sendiri toh :).

2. Pasta
Sekarang makanan eropa udah bertebaran dimana-mana ya, gak cuma dijakarta aja dikampung-kampung juga udah banyak. Ibarat facebook aja gak kenal pasta berarti gak gaul (ih gak nyambung amat). Tapi beneran lho, pasta itu udah ibarat kayak makanan indonesia aja karena gak cuma ada direstoran mahal aja makanan asal itali ini  tapi juga restoran kacangan juga ada. Terlepas dari rasanya kayak perang badhar atau gak, pertanyaan saya adalah udah pernah belum nyoba masak sendiri?



Masak pasta itu super duper gampang, ibarat kayak masak indome aja. Iya beneran. Ada perbedaan pada tehniknya sedikit sih, sama bumbunya juga. Kalau belum pernah cobalah sesekali masak pasta ala Indonesia. Perhatikan sayuran yang disuka suami, nah campurkan didalam pasta. Umumnya sayuran yang bisa dicampur dipasta adalah wortel, kalau mau coba masak aglio olio (tanpa saus pasta) bisa ditambahkan brokoli: resep ini baru saya coba minggu lalu dan suami berkomentar kalau rasanya gak kalah sama makanan restoran!

3. Fried mixed vegetable (capcay)


Apapun kesukaan lauknya: ikan, ayam, daging, jangan lupa sayurannya. Saya lebih suka nyebutnya capcay tapi capcaynya jangan dicampur yang aneh-aneh (bakso, dll). Sayuran seger dengan warna-warni yang tercampur bisa bikin appetite suami bertambah, bukan hidangannnya saja terlihat cantik tapi juga rasa sayurannya yang sedap. Biasanya saya mencampurkan semua sayuran seperti brokoli hijau, brokoli putih, wortel, paprika, dan bawang bombay. Usahakan jangan mencampur sayuran yang akan menjadi lembek dicapcay, seperti sawi karena rasaya tidak terlalu enak untuk dikunyah didalam mulut kalau dicampur dengan sayuran yang solid (wortel).

4. Ikan, ayam goreng/bakar
Siapa yang gak suka ikan atau ayam? Well unless you're a vegetarian! Ikan atau ayam seger yang paling mudah dimasak adalah kalau gak digoreng ya dibakar. Saya membiasakan membersihkan ikan dengan melepaskan tulangnya sekaligus jadi ikannya bener-bener boneless. Karena tulang ikan ini cukup berbahaya kalau sampe nyangkut ditenggorokan. Gak mau kan maksudnya mau nyenengin suami eh malah bikin celaka gara-gara tulang nyangkut ditengah-tengah goa tenggorokan suami?

Untuk ayam biasanya saya membeli yang utuh atau boneless (tanpa tulang), tergantung apa yang dimasak. Kalau ikannya boneless menggorengnyapun gak perlu minyak goreng yang banyak. Anyway, and too much fried oil is not good!

5. Home made sambel
Gak semua orang suka sambal tapi umumnya orang Indonesia suka ya. Kalau untuk sambel terasi suami selalu menolak untuk makan jadi saya berekplorasi untuk membuat sambal colo ala sulawesi yaitu sambel yang bahan-bahannya semua dipotong-potong. Dengan campuran sedikit sere yang sudah dipotong halus dan daun ketumbar serta sedikit jeruk nipis dan olive oil, suami saya jadi lupa kalau yang dia makan juga judulnya sama, yaitu sambel. Bedanya ini gak pake terasi :).

Itulah lima jenis masakan rumahan yang sangat sederhana dan gampang sekali untuk dikelola. Saya yakin gak semua istri pintar masak, seperti awalnya pertama kali saya menikah beberapa tahun silam. Tapi walaupun masakan tidak enak sekalipun kalau seorang istri yang masak saya alhakul yakin suami yang baik akan melihatnya sebagai bentuk perhatian dan bukan makanannya yang gak enak itu. Sebuah perhatian adalah tanda cinta sayang dan cinta sayang itu akan bertahan selama mungkin jika itu dilakukan dengan setulus hati.

So, keep practice your cooking ladies!



See ya,



0 comments:

Nice saying shows your character but that doesn't mean you can criticize. You can still do both in nice and polite way.

Blogger since 2008, writing with a fresh perspective.

Twitter Feeds