ART ITU TERNYATA ...

Wednesday, February 03, 2016 JS Hanniffy 0 Comments

Tulisan ini teirinspirasi dari kegiatan saya waktu Jumat lalu bersama Liesna pemilik dan sekaligus guru dari studio Art Marvellous Little Maestro dan anak-anak dari Lestari Sayang Anak.

So, why art?

arts-and-crafts-for-children-under-5
missmancy.com



Yes, why art? ini adalah sesuatu yang sulit diungkapkan karena biasanya para  penyuka art memiliki koneksi personal jika ia menyukai sebuah art, seperti contoh kenapa saya lebih suka lukisan bunga dibandingkan lukisan orang? Ini adalah perasaan personal, perasaan yang membawa saya  kepada sesuatu hal yang menyenangkan ataupun menyedihkan.

Tapi bukan ini inti dari jawaban why art. Jawabannya bisa lebih penting dari ini, yaitu menurut para ahli dapat menyangkut kemampuan anak menghadapi hidup dimasa yang akan datang. Wuih seserius itukah?

Yah, saya pribadi tidak terlalu memahami kaitannya tapi kalau dilihat secara seksama art memang memberikan dampak positif bagi perkembangan anak.

Perkembangan dimananyakah?

Biasanya anak-anak diusia dini sering penasaran dan rasa penasaran ini memprovokasi anak pada rasa keingintahunan yang lebih besar. Dengan objek disekitarnya anak biasanya selalu ingin bereksplorasi dengan apa yang dilihat dan dirasakannya. Sementara para experts berpendapat bahwa art bisa menjadi mediasi yang tepat untuk anak mengekspresikannnya melalui kegiatan melukis, mewarnai atau sekedar crafting. Dipercaya pula kegiatan ekplorasi didunia art ini nyatanya berperan penting pada perkembangan tumbuhan seorang anak. diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini.

Kenapa demikian? 

Karena teryata kegiatan dunia art ini selain menantang rasa ingin tahu anak untuk lebih jauh berekplorasi, hal ini juga dapat membantu kemampuan motorik halus dan kasar pada anak. So, art bukan hanya memungkinkan anak kita menjadi seorang Picasso tapi juga kemungkinan bakat lebih yang lain pada diri anak kita.

Melihat betapa pentingnya belajar art ini orang tuapun banyak yang berinisiatif untuk memasukkan kekelas art. Sementara sekarang sudah banyak sekali kelas art diJakarta, dari yang tarif internasional sampe lokalpun bertebaran dimana-mana. 

Banyaknya kelas kelas art diJakarta membuat kita bertanya-tanya seperti apa sih kelas art yang ideal itu?  

Saya bukan seseorang yang ahlinya dibidang art, saya hanya penyuka art dan sedikit berpengalaman berada dikelas art yang sangat menyenangkan. Dunia Art menyenangkan untuk diikuti dari segala umur, muda tua dan tidak memerlukan backrground tentang art untuk menyukai art.

Menurut pengalaman saya tentang kelas art yang ideal atau menyenangkan setidaknya harus memenuhi syarat sebagai berikut: 

1. Guru art yang berpengalaman dibidang art.
Kalau untuk seorang guru sudah pasti harus berpengalaman ya. Karena guru yang berpengalaman dan berbasis dibidangnya biasanya akan lebih luwes dan less judging. Biasanya muridnya dibiarkan bereksplorasi dengan sendiri dan ia hanya akan mengarahkan serta mengembangkan apa yang sudah dibuat oleh sang murid.

2. Kelas dengan grup kecil.
Kelas yang terdiri terlalu banyak anak-anak biasanya akan membuat anak tidak berkonsentrasi. Grup kecil lebih baik karena memudahkan guru untuk mengawasi perkembangan anak-anak.

3. Outdoor.
Akan lebih baik lagi kalau kelas berada diluar dekat dengan alam karena hal ini memberikan udara segar pada anak-anak dan leluasa untuk bergerak. Dan keuntungan lainnya adalah anak biasanya lebih terinpirasi jika berada dialam terbuka.

Itu adalah tiga dasar syarat yang menurut saya ideal untuk kelas art. Kelas art diMarvellous Little Maestro bisa direkomendasikan untuk anak-anak yang berminat didunia art. Saya sendiri sudah berpengalaman mengambil kelas art disini untuk private class. Dan guru sekaligus pemilik dan yang juga teman saya yang bernama Liesna Shaw ini memang guru art yang idel karena kesabaran dalam membimbing yang awam tentang art sangat luar biasa. 

Ternyata kelas art ini bukan hanya menyenangkan untuk anak-anak tapi juga seorang mom seperti saya :). Belum telat kok untuk belajar art diusia tengah baya malah sangat menyenangkan.

So, penting gak penting art itu rasanya gak ada salahnya kita belajar dan merasakan apa sensasi yang bisa diberikan pada warna-warna yang kita tabur melalui kuas: meyenangkankah? menyedihkan? Membawa kita pada masa lalu? Memberi impian tentang masa depan?

 Yuk.

Art  class for adult with Liesna. Seru! :)


See ya,






0 comments:

Nice saying shows your character but that doesn't mean you can criticize. You can still do both in nice and polite way.

Blogger since 2008, writing with a fresh perspective.

Twitter Feeds