YANG ASYIK DARI KELAS MELUKIS

Monday, February 22, 2016 JS Hanniffy 0 Comments


Pendidikan art nampaknya sesuatu hal yang sepele tetapi nyatanya hal ini dibantah oleh para ahli yang melakukan riset tentang hubungan belajar art sejak dini dengan perkembangan yang positif bagi sang anak. Makanya jangan heran jika pendidikan sekarang ini selalu menggabungkan art dalam setiap mata pelajaran.

Pengenalan art sejak usia dini diyakini selain dapat memberikan perkembangan positif pada motor skills anak, art juga membangun kemampuan bahasa anak. Ini baru dua perkembangan positif yang sangat signifikan untuk anak diusia dini, belum lagi saya sembutkan manfaat positif lainnya.

Artinya, selain melukis itu memiliki manfaat yang segudang, kelasnya juga sangat mengasyikkan.

Nah, kalau itu untuk anak-anak, lalu bagaimana dengan orang dewasa?


Mungkin manfaatnya gak sama persis seperti diusia pertumbuhan anak tetapi tetap saja memiliki nilai positifnya juga. Simpelnya untuk saya yaitu, melukis itu seperti terapi diri. Karena dengan melukis kita bisa mengungkapkan perasaan melalui gambar dan warna, dan pastinya cara ini lebih aman dan rahasia :).

Fun painting class at Warung Turki 

Miss Liesna, the art teacher of Marvellous Little Maestro

Welcome untuk pemula. Melukis itu gak cuma untuk mereka yang sudah ahli, pemulapun sangat welcome kalau mau belajar. Saya kebetulan mengambil kelas melukis yang kebetulan memang pemula jadi kelas terasa lebih santai dan gak bikin minder tentunya karena yang kami pelajari basic banget. Kelas basic melukis ini saya memilih gambar bunga yang disukai lalu diajarkan bagaimana memilih kuas dan warna untuk gambar, mencampurkan warna cat air, dan cara memakai kuas diatas kanvas.

Ekspresi diri melalui gambar dan warna. Awalnya mungkin asal aja tetapi lambat laun warna-warna yang kita goreskan dikanvas berbicara lebih kepada apa yang kita pikirkan. Contohnya, saya lebih menyukai sesuatu yang berwarna cerah seperti merah jambu, biru dan putih. Karena hari itu perasaan saya lagi supper happy :).

And I got a friendship from the painting class ;)

Ini expressi narsis yang super happy ^^
Hanya kesunyian dan lukisan yang menemani saya. Semakin sunyi, semakin saya tenggelam dengan warna yang saya goreskan dikanvas. Walaupun gambarnya cuma setangkai bunga diatas kanvas berukuran yang kecil tetapi dua jam ternyata gak cukup buat saya. Ada saja warna yang ingin saya tebelin atau kurangin.

Kepuasan batin yang tergambarkan. Mau jelek atau bagus menurut orang ternyata kita melihatnya bagus aja. Saya melihat lukisan sendiri -yang kayaknya bisa dibuat sama anak tk ini- terkagum kagum sendiri, dari warna-warni yang saya goreskan, saya merasa puas dengan hasilnya. So, dalam belajar melukis gak ada yang namanya perlombaan (tergantung juga apa yang mau dicapai dari belajar melukis), apalagi bersaing. Kalau memang maunya belajar melukis itu lebih kepada mencari kegiatan dan mencoba hal yang baru maka hasil apapun yang dicapai pasti memuaskan batin.

Belajar melukis gak selalu harus apa adanya, dunia melukis juga ada aturan main didalamnya, seperti bagaimana kita menaruh kuas diatas kanvas, memberi campuran warna, cara penebalan dan penitipisan warna, dsb, tetapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Semuanya masih bisa dipelajari, dan mudah jika memang ada minat :).

Untuk belajar melukis kelas dewasa didaerah Kemang bisa mendatangi Marvellous Little Maestro. Kelas ini diadakan dua minggu sekali di Warung Turki Kemang Raya. Marvellous Little Maestro juga menyediakan kelas art untuk anak-anak yang berlokasi diKemang.

So, mau nyoba bagaimana rasanya melukis bareng temen kamu?

See ya,





0 comments:

Nice saying shows your character but that doesn't mean you can criticize. You can still do both in nice and polite way.

Blogger since 2008, writing with a fresh perspective.

Twitter Feeds