REJUVENATE BODY & MIND THROUGH YOGA RETREAT

Monday, October 24, 2016 JS Hanniffy 0 Comments

Belum banyak orang yang pernah mendengar tentang program Yoga Retreat, terutama diIndonesia. Begitu juga dengan saya, (yang ngakunya yogi sejati. LOL) ternyata gak ngerti sama sekali apa itu Yoga Retreat. 
Setelah tanya sama si Mbah gugel keluarlah itu rentetan informasi tentang program Yoga Retreat yang ternyata program in lumayan digandrungi diluar negri lho (ketauan deh akyuh cuma yoga sejati bodongan. LOL).


So, Apa Itu Yoga Retreat?
Pengertian simpelnya  menurut pengalaman saya pribadi tentang Yoga Retreat adalah detoksasi.

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa sadar atau disadari kita telah memberikan tubuh ini dengan segala macam makanan dan minuman tanpa pikir-pikir dulu, apalagi kalau sudah lapar. Kebayang gak kalau makanan dan minuman yang dimakan ini (apalagi yang banyak mengandung bahan pengawet) bisa berubah menjadi racun (atau bahasa kerennya intoxin) dalam tubuh? Dan jika tidak dibersihkan racun ini akan mengganggu setiap organ didalam tubuh. Jika organ tidak bekerja dengan baik maka segala penyakit dari yang ringan sampai berat seperti batu ginjal hingga kanker, tidak menutup kemungkinan akan muncul.

Untuk menghindari hal itu terjadi tubuh kita perlu dibersihkan dengan rutin, yah minimal setaun sekali. 
Bagaimana cara membersihkan tubuh dari dalam?

Caranya yaitu dengan detox.

Detox ini juga gak bisa sembarangan dilakukan. Ada beberapa aturan yang sebaiknya dilakukan agar detox berjalan dengan baik dan efektif.

Biasanya kalau kita mendengar kata detox itu pikiran kita langsung kepada detox ditubuh kita. Di Yoga Retreat bukan hanya tubuh yang didetox tetapi mind pun dibersihkan dari intoxin. Toxin dalam pikiran bisa saja stress, cemas, atau pikiran negatif lainnya.

Dengan kata lain, Yoga Retreat menyelaraskan body dan mind dengan melaksanakan kedisiplinan yang ada selama program ini berlangsung.

My Story Before Going To Yoga Retreat

Beberapa akhir bulan ini saya sering sakit. Berawal dari satu penyakit lalu lambat laun penyakit ini berpindah kebangsaan ditubuh saya menjadi penyakit lainnya.


Dari mulai sakit asam lambung, sakit leher menjalar kepinggang lain, akhirnya saya menjadi stress. Saya harus bolak baik pergi kerumah sakit melakukan physiotherapy rutin seminggu tiga Kali selama 2 bulan. Obat yang saya konsumsipun jumlahnya gak sedikit, dari mulai obat asam lambung (yang lebih dari lima jenis) sampai obat untuk urat syaraf dan otot saya.

Selama pengobatan medikal ini saya merasa seperti orang yang sekarat, setiap hari harus minum obat tiga kali. Hasilnya? Saya tambah stress, dan sepertinya penyakit semakin berimigrasi kemana-mana.

Akhirnya saya bertekad mau memutuskan hubungan dengan penyakit-penyakit itu. Saya mulai gak 'mencintainya' lagi (karena setiap hari saya memupuknya dengan obat-obatan, yang lambat laun obat-obatan ini memberikan efek secara fisik dan psikologis kesaya).

Saya itu paling takut kalau saya mengeluh kedokter tentang efek sebuah obat lalu dia bilang: "gapaapa minum aja, teruskan". Baru beberapa hari saja sudah kasih efek negatif bagaimana kalau sampai 2 bulan?

3 Days Detox With Dr Puru and Fab Friends

Sejak bertekad memutuskan hubungan dengan penyakit yang menyebalkan itu, akhirnya saya merubah lifestyle saya. Setiap hari setelah antar simas Bintang sekolah saya langsung cus kegym. Lalu saya merubah pola makan saya dengan hanya memakan makanan yang lebih sehat.

Puji Tuhan, rasa sakit saya berkurang, terutama asam lambung. Untuk leher dan pinggang saya tetap melanjutkannya dengan lebih banyak jalan, pilates, dan gentle yoga, juga physiotherapy.

Karena mau belajar lebih banyak lagi tentang tubuh yang sehat akhirnya Jumat kemarin saya join program yoga detox yang diadakan oleh Celebrity Fitness Indonesia. Yoga detox ini dipimpin oleh guru yoga saya sendiri yaitu Dr Puru. Beliau ini lebih akrab dipanggil Puru, yang bukan hanya berpengalaman dikancah dunia yoga tapi juga ahlinya dibidang herbal. Oh ya, Puru berasal dari India, beliau juga menimba ilmu obat herbalnya dari negri asalnya, so ini yang bikin saya gak ada keraguan sedikitpun untuk mengikuti program ini :).


Tiga hari sebelum pelaksanaan yoga detox Puru menyarankan saya dan peserta lainnya untuk melakukan Pra Detox atau Semi Detox selama 3 hari sebelum program detox. Menurutnya Semi Detox ini dilakukan agar organ tubuh tidak kaget pada saat pelaksanaan yoga detox selama 3 hari. 

Day 1: Pengetahuan itu penting

Hari pertama itu semangat 45 banget untuk mengikuti program ini. Sebelum berangkat, saya menyempatkan diri menimbang badan diCelebrity Fitness FX, lumayan lho fat saya berkurang dari 34% menjadi 30% selama merubah pola hidup. Wuih, kebayang gimana nanti didetox ya :). Ketemu dengan sesama member celfit diFX yang fatnya jauh lebih rendah dari saya, hehe (gapapa semangat 45 ajaaa). 

Sebelum keberangkatan semua peserta dari Jakarta diberikan bekal sarapan ayam dan brokoli serta yogurt. Kebetulan saya sudah bawa sarapan buah (tapi tetep aja dimakan lagi sarapan yang dikasih haha). 

Sampai di hotel Pinewood Cisarua kami langsung digiring kekamar masing-masing. Dan diharapkan berkumpul diruang seminar. And, saya happy banget karena sekamar bareng Indri yang yoga posenya okeh bingit, dan Mbak Ike member dari Bogor yang super kalem.

Hari pertama kami semua dijejali pengetahuan yang luar biasa tentang makanan (yang akhirnya setelah tau bagaimana hasilnya diorgan tubuh, saya bersumpah akan berhenti makanan junk food, terutama mie LOL).


Semua peserta Yoga Retreat memiliki grup masing-masing, disetiap grup diharapkan memiliki goal apa yang ingin dicapai. Grup saya, Lotus, yang dipimpin Nci member dari Puri, kami bertujuh sepakat untuk memiliki gol kurang lebih seperti dibawah ini:

Merubah pola makan yang lebih sehat
Menyeimbangkan body & mind 
Menerapkan program detox ini kedalam lifestyle kita. 

Hampir semua peserta menargetkan beberapa keinginan yang mau dicapai selama tiga hari kedepan, ada yang ingin kulitnya cerah, membersihkan organ tubuh, dsb.

Hari pertama lunch diberikan jus hijau, yang rasanya saya suka banget. Oh ya, dalam Yoga detox ini saya memilih Semi Detox karena untuk menjaga kondisi asam lambung saya. Untuk full detox hanya diperbolehkan minum jus dan makan buah serta sayuran dan salad. Sebenarnya saya mampu untuk melakukan full detox tapi karena saya takut dengan asam lambung kambuh so saya lakukan menurut kemampuan kondisi aja :).

Back to the laptop,

Malamnya kami melakukan meditasi kurang lebih 1 jam. Sebelum jam 9pm semua sudah menuju kamar masing-masing, tapi sampe dikamar kami bertiga melanjutkan ngobrol sampe jam 11pm :).

Alhasil, pagi-pagi saya bangun kurang seger badannya karena malamnya kurang nyenyak tidurnya :).

Note: sebaiknya waktu tidur malam jangan lewat jam 9pm, apalagi kalau harus bangun pagi :).

Day 2: Rejuvenating body & my new caffein, Pranayama

Pagi jam 6.30am semua peserta sudah berkumpul dilapangan yang hijau nan bersih, udara sejuk pagi itu seperti penyemangat untuk melakukan program selanjutnya.

Hari kedua adalah pembersihan perut dan hidung. Seperti biasa, Puru memberikan wejangan instruksi sebelum dimulai.


Neti Pot adalah yang pertama dilakukan.
Tujuannya adalah untuk membersihkan sinus didalam hidung kita. Jika neti pot dilakukan dengan tehnik yang benar kita akan merasakan langsung manfaatnya setelah melakukan neti pot. 

Jujur ini pertama kali hidung saya dibersihkan dengan benar, kebayang berapa banyak racun yang menumpuk dihidung? LOL. Sayapun langsung merasakan perbedaannya setelah neti pot, hidung saya lebih plong dan bersih. 

Pembersihan kedua dan ketiga, saya skip karena kondisi asam lambung yang tidak memungkinkan untuk melakukannya. Tapi saya tetep ikutan exercisenya dong :). 

Pembersihan kedua dan ketiga ini sepertinya kunci dari program detox 3 hari, karena pembersihan ini ditujukan untuk membuang seluruh racun dalam tubuh kita. Sayang banget saya gak bisa ikutan yang ini, semoga tahun depan saya bisa melaksanakannya.

Hasilnya pada setiap peserta pasti lain-lain, tapi hampir semuanya merasakan buang air kecil dan besarnya lebih bersih pada hari kedua. Meskipun saya melakukan semi detox, saya bisa merasakan air pipisnya lebih jernih. Ini karena makanan dan minuman yang saya masukan kedalam tubuh lebih sehat selama detox. 

Setelah melakukan pembersihan dalam tubuh, Puru menganjurkan untuk melakukannya dua hari hanya mengkonsumsi jus. Ini dilakukan untuk membantu tubuh yang sudah bersih agar tidak terkotori kembali, tetapi peserta juga bisa melanjutkan full detox sebagai pilihan.


Pranayama adalah favorit saya selama 3 hari detox. Ini pertama kalinya saya tau tentang Pranayama dan beruntung sekali saya mengikuti Yoga Retreat ini karena saya jadi memiliki pengetahuan tentang ilmu pernapasan ini. Jujur ya, pada saat Puru menjelaskan tentang Pranayama mata saya sudah 5 watt, alias ngantuk luar biasa. Namun pada saat mempraktikan Pranayama pertama kali dalam hidup saya, hanya kurang lebih 5 menit, mata saya langsung kebuka seperti orang habis minum kopi satu gelas! Luar biasa! 

Dari hasil 5 menit yang menakjubkan itu saya langsung berenergi untuk melanjutkan kelas sampai selesai.

Pranayama, I'm really in love!



Day 3: Walking meditation, nature & Me 

Hari ketiga adalah hari yang mendebarkan *lebay :). Saya dan yang lainnya menyiapkan diri untuk walking meditation. Selama walking meditation ini saya benar-benar klik dengan alam dan diri sendiri. Saat Puru memberikan waktu beberapa menit untuk perenungan diri, saya seperti memberikan oksigen bersih kedalam diri. Pikiran negatif tentang hidup, penyakit, stress, berangsur-angsur lenyap berganti dengan semangat positif yang muncul. 

Yang saya pikirkan saat perenungan adalah untuk belajar lebih mencintai diri sendiri, untuk memaafkan diri sendiri, untuk belajar ikhlas. Pikiran-pikiran itu membuat saya mengeluarkan air mata pada saat perenungan karena tiga hal yang nampak sepele itu nyatanya jarang sekali saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Amazing feeling after 3 days Yoga Detox
Didunia ini memang tidak ada yang sempurna karna manusia biasanya melihat suatu kesempurnaan dari sesuatu yang mewah. 

Setelah 3hari Yoga Retreat saya berpikir tentang kesempurnaan adalah sesuatu yang sangat sederhana, yaitu bahagia. Apapun yang kita miliki jika tidak bahagia maka tidak ada yang sempurna dalam hidup ini. Dan untuk bahagia harus ada cinta yang mengiringi.

Meskipun hanya makan sayuran dan minuman, dan melakukan hal yang nampaknya sepele seperti meditasi dan yoga, bahkan sekedar berjalan, jika kita melakukan semua ini karena kecintaan akan diri sendiri maka itu semua akan mengarahkan kita kepada kebahagiaan yang akhirnya memberikan perasaan bahwa hidup kita ini sudah cukup sempurna. Dan jika itu sudah didapatkan maka untuk mencintai dan menerima kekurangan serta kelebihan orang lain akan jauh lebih mudah.


Banyak hal positif yang saya dapatkan selama 3 hari yoga retreat diCisarua dan hasilnyapun cukup memuaskan:
- Badan terasa lebih segar dan berenergi
- BAB lancar dan berwarna bagus
- Buang air kecil banyak karena banyak minum air putih dan fresh jus.
- Pikiran lebih relaks (gak stress seperti sebelumnya LOL)
- Bisa mempraktikan Pranayama untuk kesembuhan diri sendiri (asyik banget yang in hehe)
- Berkomitmen untuk menjalani semi detox (atau full detox) menjadi lifestyle
- Lebih bersemangat kembali keJakarta 

Intinya, gak rugi sama sekali mengikuti Yoga Retreat ini. Banyak keuntungan yang saya dapatkan dan saya sangat happy luar dalam dengan hasilnya. Dan pastinya saya akan ikutan lagi program ini tahun depan :).

Namaste.

Photos credited to: Hasan, Dida, and all participants and Celfit team in Yoga Retreat Oct 2016. 






















Blogger since 2008, writing with a fresh perspective.

Twitter Feeds