PULAU SERIBU: SI TIDUNG, PULAUNYA CINTA

Sunday, November 13, 2016 JS Hanniffy 0 Comments


Nyambung kepulau seribu lainnya, yaitu pulau cinta, eh pulau Tidung.

Walaupun pulau Pari koralnya konon lebih bagus dari pulau lainnya dikepulauan seribu, pulau Tidung ini menurut saya pantainya jauh lebih bagus.

Saran nih, kalau mau benar-benar menikmati pulau seribu lebih baik berangkat jangan weekend karna pengunjung bisa  membludak, gak kalah ramainya dengan pasar ikan lho.

Pulau Tidung jauh lebih besar daripada pulau Pari. Ukuran pastinya silahkan digugel ya. Yang saya suka dari pulau Tidung ini banyak sekali, salah satunya adalah pantainya yang jernih yang bisa dipakai buat berenang ria.




Pulau Tidung lokasinya lebih jauh dari pulau Pari kalau dari Dermaga 6 Ancol tapi lumayanlah bisa liat-liat pemandangan pulau seribu lainnya karna biasanya kapal berhenti dipulau terdekat dahulu untuk menurunkan penumpang.


Pulau Tidung ini memiliki pulau disebelahnya yang dihubungkan oleh sebuah jembatan yang lumayang panjang. Pulau yang terhubung jembatan ini disebut pulau Tidung kecil.



Sementara jembatan ini dinamakan jembatan cinta oleh masyarakat pulau Tidung. Entah siapa yang memberi nama jembatan ini namun jembatan cinta ini memiliki sejarah yang menurut saya sedikit agak lebay.

Konon katanya sih karna sebuah kisah cinta oleh seorang lelaki dan perempuan yang saling tidak mengenal bertemu dipulau Tidung ini lalu mereka menikah. Kisah cinta ini terpahat abadi disebuah batu dekat depan parkiran jembatan cinta.

Uniknya nih, kalau anda berani loncat dari jembatan cinta dengan kedalam laut dibawahnya sekitar 8-9m maka cinta anda akan langgeng lama. Nah, kalau mau langgeng dan  punya nyali boleh deh coba loncat dari atas jembatan ini.



Ditengah-tengah jembatan antara pulau Tidung besar dan Tidung kecil ada dua pendopo yang dibangun. Kalau pengunjung sepi kita bisa menikmati panorama laut sambil berenang nyaman menikmati dinginnya air laut disini.

TETAPI, hati-hati dengan yang namanya ikan beracun kalau berenang dipulau Tidung. Ikan beracun ini banyak bersembunyi didaerah pantai atau laut yang memiliki banyak kerang. Dan ikan beracun tak nampak kasat mata kalau sudah menyatu dengan karang.

Karena pulau Tidung banyak sekali terdapat karangnya jadi harus berhati-hati. Air lautnya sangat jernih jadi kita bisa mengecek dahulu sebelum berenang apakah banyak karang atau tidak.



Dipaket trip yang saya ambil dari agen yang sama, yaitu Mas Dendi. Paker trip dua hari satu malam terdapat berbeqeu dimalam hari setelah dinner. Jadi  pastikan makan malam anda tidak terlalu kenyang karna sayang kalau makanan laut yang diberbequenya tidak termakan.

Walaupun  pulau Tidung jauh lebih besar dari pulau Pari, pulau ini masih bisa dijeajahi dalam waktu sekejap. Take your time, karena pulau ini bagus sekali untuk dinikmati. Banyak tempat-tempat yang tersembunyi yang pantainya indah sekali.

Jangan lupa, jagalah kebersihan disetiap pulau yang kita kunjungi.

Selamat berlibur!








0 comments:

Nice saying shows your character but that doesn't mean you can criticize. You can still do both in nice and polite way.

Blogger since 2008, writing with a fresh perspective.

Twitter Feeds